KESEHATAN

Tak Hanya Nikmat Pedasnya, Ini 6 Khasiat Cayenne Pepper yang Baik Tubuh

×

Tak Hanya Nikmat Pedasnya, Ini 6 Khasiat Cayenne Pepper yang Baik Tubuh

Share this article

Cayenne pepper merupakan cabai yang sering digunakan dan salah satu jenis cabai terpedas dan sering digunakan sebagai bahan masakan dan obat di beberapa negara di Asia Timur, seperti Korea Selatan dan Cina.

Tak hanya rasa pedasnya tidak hanya memberi sensasi panas di lidah, tetapi juga memiliki manfaat. Rasa pedas cayenne pepper berasal dari capcaisin yang diketahui bersifat antioksidan dan antiradang. Beragam jenis antioksidan juga terkandung dalam cabai ini, seperti karotenoid, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (5/11/23), berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi cayenne pepper, antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Capcaisin dalam cayenne pepper diketahui berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak serta mengurangi rasa lapar. Makanya, cabai yang sering diolah menjadi cabai bubuk ini dipercaya mampu menurunkan berat badan, asalkan dibarengi dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

2. Meredakan sakit kepala

Saat sakit kepala, cayenne pepper bisa menjadi alternatif untuk meredakan rasa nyeri yang muncul. Soalnya, senyawa capsaisin yang memberi rasa pedas pada cayenne pepper bisa meredakan rasa sakit, termasuk sakit kepala.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Cayenne pepper juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan antioksidan kuat yang mampu melawan efek paparan radikal bebas. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang tinggi vitamin C bisa mencegah flu.

4. Menjaga kesehatan saluran cerna

Kamu mungkin berpikir bahwa mengonsumsi cayenne pepper bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Ya, hal tersebut memang bisa terjadi bila kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Namun, jika dikonsumsi secukupnya, cayenne pepper justru bisa menjaga kesehatan saluran cerna.

Kandungan capcaisin dalam cayenne pepper dapat meningkatkan produksi cairan dan enzim di lambung, yang membantu proses pemecahan makanan. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi cabai bisa memperbanyak jumlah bakteri baik di usus yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna.

5. Mengurangi nyeri akibat radang sendi

Tak hanya dikonsumsi langsung, ekstrak cayenne pepper juga bisa dioleskan langsung ke kulit untuk mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi, lho. Ini karena kandungan capcaisin yang bersifat antiradang mampu mengurangi jumlah zat kimia yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

6. Menjaga kesehatan jantung

Ada beberapa mekanisme kerja cayenne pepper yang diketahui berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Pertama, menurunkan tekanan darah tinggi berkat senyawa capcaisin di dalamnya. Kedua, sifat antioksidan dalam cayenne pepper mampu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat cayenne pepper untuk kesehatan tubuh, seperti meredakan gejala psoriasis, mencegah kambuhnya alergi, meredakan sakit gigi, bahkan mampu mencegah kanker.