PERISTIWA

Koarmada III Gelar Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2023 Kasal, Armada RI Garda Terdepan Pertahanan Utama Laut Nusantara

×

Koarmada III Gelar Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2023 Kasal, Armada RI Garda Terdepan Pertahanan Utama Laut Nusantara

Share this article

SORONG PBD , BUSERJATIM.COM GRUOP – Bertempat di Lapangan Upacara Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, Koarmada III melaksanakan upacara hari Armada RI Tahun 2023 yang dipimpin Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si. yang mewakili Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla, dan dihadiri Inspektur Koarmada III, Kapoksahli Koarmada III, Komandan Pasmar 3, Danrem 181/PVT Sorong, Wadan Lantamal XIV, Wakapolres Sorong, PJ Walikota Sorong, serta pejabat Forkopimda dan tamu undangan lainnya. Selasa (05/12/23).

Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Koarmada III, membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla yang mengatakan bahwa, dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini, TNI Angkatan Laut dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan. Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun non-tradisional dan menegaskan urgensi bahwa Prajurit Jalasena Armada harus adaptif dan responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut.

Oleh karena itu, keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan, namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia, ungkap Kasal.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan, peringatan Hari Armada RI Tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri, serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara.

Pada bagian lain, Kepala Staf Koarmada III kepada awak media menyampaikan rangkaian peringatan Hari Armada RI tahun 2023 yang dilaksanakan Koarmada III setelah selesai upacara, adalah Gelar Alutsista Tank Marinir, Kapal Perang, dan Helikopter TNI AL, penampilan Tarian Insos Kofiau dari Prajurit TNI AL peserta upacara, atraksi Beladiri dari Personel Pasmar 3, dan Peperang Laut Khusus serta Terjun/ Freefall dari Satkopaska Koarmada III.

Selain itu beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya Ziarah ke TMP TRI Jaya Sakti Kota Sorong, Upacara Tabur Bunga yang dilaksanakan diatas Kapal Perang KRI Dr. Wahidin Sudirohusodo-991 saat berlayar di sekitar Perairan Sorong, Bakti Sosial Donor Darah dan Pemberian paket Sembako di jajaran Koarmada III, Lomba Renang, Lomba Dayung, dan Pencanangan Gerakan Mako Komplek TNI AL, Bersih, Tertib, Rapi, serta Pencanangan Wisata Angkatan Laut, Pencanangan Program Gerakan Senang ke Pantai dan Laut Bersih.

(Tim/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *