TNI POLRI

Polres Madiun Kota Tingkatkan Patroli SPBU untuk Jamin Ketersediaan BBM Jelang Mudik Lebaran

×

Polres Madiun Kota Tingkatkan Patroli SPBU untuk Jamin Ketersediaan BBM Jelang Mudik Lebaran

Share this article

KOTA MADIUN, BUSERJATIM. COM GROUP – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban wilayah menjelang mudik Lebaran 1445 H, Satuan Samapta Polres Madiun Kota meningkatkan patroli di beberapa SPBU Pertamina, Jum’at (29/3/2024).

Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Dwi Suryanto, S.I.K., M.H., menegaskan pentingnya memastikan kelancaran dan keamanan pasokan bahan bakar bagi para pemudik.

Patroli dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik kecurangan di SPBU, seperti manipulasi meteran dispenser BBM. Kapolres Madiun Kota mengimbau kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang merugikan konsumen dan masyarakat.

Selain itu, patroli dialogis juga dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan.

“Kami tidak ragu memberikan sanksi tegas kepada SPBU yang terbukti melakukan kecurangan,” tegasnya.

Polres Madiun Kota juga bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memeriksa seluruh SPBU di wilayah Madiun Kota. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan ketersediaan BBM sesuai dengan pembayaran yang dilakukan.

Sebelumnya, Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto mengungkapkan bahwa modus kecurangan yang sering dilakukan oleh oknum SPBU adalah dengan menggunakan alat tambahan untuk memanipulasi meteran pengisian BBM pada dispenser. Modus lainnya adalah memanfaatkan sistem digital untuk memanipulasi meteran. Kecurangan semacam ini dapat merugikan konsumen dan mengganggu kelancaran mudik Lebaran.

Oleh karena itu, Polres Madiun Kota akan terus melakukan patroli dan pengawasan di SPBU guna memastikan kelancaran dan keamanan pasokan bahan bakar bagi para pemudik, “pungkasnya. (Hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *