NASIONAL

HARI NELAYAN INTERNASIONAL HSNI KABUPATEN SERANG ” PEDULI KESEJAHTERAAN NELAYAN” 

×

HARI NELAYAN INTERNASIONAL HSNI KABUPATEN SERANG ” PEDULI KESEJAHTERAAN NELAYAN” 

Share this article

SERANG || Hari Nelayan Internasional yang diperingati setiap 29 Juni adalah momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan nelayan di seluruh dunia. Himpunan Seluruh Nelayan Indonesia (HSNI) DPC Kabupaten Serang sebagai organisasi yang peduli dengan kesejahteraan nelayan, seringkali memanfaatkan kesempatan ini untuk mengadvokasi hak-hak nelayan, memperjuangkan kebijakan yang mendukung keberlanjutan laut, dan meningkatkan kondisi kerja serta kehidupan nelayan. Minggu (30/06/2024)

 

Dpc HSNI Kabupaten Serang mengadakan kegiatan ” HSNI PEDULI KESEJAHTERAAN NELAYAN” di Hari Nelayan Internasional pada Sabtu 29 Juni Di kampung Kepuh

Desa Margagiri kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang kegiatan tersebut dihadiri stekolder Pemerintah Provinsi Banten, Pj Gubernur Banten, Bupati Kabupaten Serang,Ksop Kelas’ 1 Banten , Polairud Banten , Garnisun Subkogar 0623 Cilegon, Camat Bojonegara, Kepala Desa Karang Kepuh ,Ketua DPRD Provinsi Banten dan tokoh masyarakat Bojonegara serta Nelayan Kampung Karang Kepuh

 

Perayaan ini bukan Hanya menghormati profesi penting ini, tetapi juga tentang mengakui kontribusi tak ternilai yang nelayan berikan kepada masyarakat global Serta keberlanjutan di lingkungan laut .

 

Ketua DPC HNSI Kabupaten Serang H.Sabihis.SE ,Dalam Hari Nelayan internasional di tanggal 29 Juni 2024 ini para nelayan dilingkungan kampung Kepuh

Desa Margagiri Kecamatan Bojonegara ikut merayakan kegiatan ini.

 

” Kami ikut Merayakan kegiatan hari nelayan internasional yang mana “kami Jangan ada lagi diskriminasi terhadap nelayan” kepada stakeholder, perusahaan jangan lagi mengkotak – kotakan bahwa selama ini ada nelayan kami yang notabene nya dekat dengan laut mahal tidak di anggap sebagai nelayan seakan-akan dianggap menumpang”

 

Dalam kesempatan ini saya berharap kepada Stakeholder dapat memberikan Legitimasi penuh kepada HNSI .

 

” Kita berharap kepada stakeholder daerah dapat memberikan Legitimasi penuh kepada HNSI untuk membina nelayannya dan mengakomodir kebutuhan kebutuhan nelayan . kemudian ada nya isu yang berkembang, Terkait kapal-kapal besar yang lalu-lalang di pantai Utara ini menyulitkan Kita dalam ruang laut , yang berdampak kepada ke laut seperti limbah oli yang tercecer dan solar . yang terkadang jaring-jaring para nelayan Tersangkut ” pungkasnya.

 

Menurut Al Muktabar, tanpa jasa dari para nelayan, masyarakat tidak akan menemukan ikan baik di pasar maupun pelelangan. Maka dari itu, jasa para nelayan ini sangatlah besar, karena mereka salah satu mata rantai utama pemenuhan kebutuhan makanan bergizi masyarakat.

 

“Kita tidak akan menemukan hidangan ikan di atas meja makan tanpa jasa mereka. Oleh karenanya, saya anggap mereka sebagai bagian dari pahlawan pembangunan,” ujarnya.

 

Atas segala jasa yang telah mereka berikan itu, lanjut Al Muktabar, pemerintah tentu hadir di tengah-tengah mereka untuk menyerap aspirasi dan memberikan pelayanan dengan baik.

 

“Supaya aspirasi itu terdokumentasikan dengan baik, sampaikan pada saat Musrenbang segala aspirasinya. Karena melalui Musrenbang itu, pemerintah ingin menyerap segala bentuk aspirasi dari masyarakat,” ucap nya.

 

Andra Soni Selaku Ketua DPRD Provinsi Banten mengatakan Tadi saya melihat langsung dalam kegiatan Hari Nelayan internasional yang luar biasa.

 

” Saya melihat langsung kegitan ini yang sangat luar biasa, ini bukan hanya sekedar seremoni tapi penghargaan bagi mereka karena asesnsi nelayan kita wujudkan bersama. Pemerintah itu tugas nya melayani dan juga pemerintah di berikan kewenangan untuk mengatur, itu harus di manfaatkan sebaik-baik nya agar nelayan tetap sejahtera ” tutup nya. |Budi|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *