HUKRIMPENDIDIKAN

Pramuka Lapas I Madiun Gelar Pelatihan Semaphore

×

Pramuka Lapas I Madiun Gelar Pelatihan Semaphore

Share this article

MADIUN, BUSERJATIM. COM GROUP – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, asah pembinaan kepramukaan warga binaan dengan kegiatan Semaphore di halaman lapas 1 Madiun.

Semaphore adalah metode untuk mengirim sinyal atau pesan dengan menggunakan alat-alat sederhana salah satunya ialah bendera. Metode ini dilakukan dengan cara mengulurkan kedua tangan membentuk posisi tertentu sesuai formasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Bendera berperan untuk memperjelas arah gerakan tangan ketika menyampaikan pesan.

Sebanyak 14 warga binaan mengikuti pembinaan kepramukaan yang pimpin oleh Pelatih Pramuka dari kwarcab kota Madiun Bapak Miswardi. Terpantau di lapangan, warga binaan antusias mengikuti semua arahan yang disampaikan dan langsung praktik dengan bimbingan yang dilakukan oleh kakak pembina. Sebelumnya juga telah disampaikan materi mengenai penyiapan kerapian dan kelengkapan berpakaian, termasuk cara pemakaian yang baik dan benar.

“kegiatan pramuka membentuk karakter warga binaan memiliki jiwa kepemimpinan dan menggali potensi diri sehingga mampu menjadi individu yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat” ungkap Kadek Anton Budiharta Kepala Lapas I Madiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *