TNI POLRI

Forkopimda Kabupaten Madiun Gelar Safari Ramadhan 1445 H di Masjid Al Fattah Sukolilo

×

Forkopimda Kabupaten Madiun Gelar Safari Ramadhan 1445 H di Masjid Al Fattah Sukolilo

Share this article

KOTA MADIUN , BUSERJATIM. COM GROUP – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Madiun menggelar Kegiatan Safari Ramadhan 1445 H/2024 M di Masjid Al Fattah, Desa Sukolilo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Senin (25/3/2024) Malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Pj. Bupati Madiun, Dandim 0803 Madiun, Kapolres Madiun Kota, Kadisbin Depohar 20 Lanud Iswahjudi, Ketua MUI & PCNU Kabupaten Madiun, Pj. Sekda Kabupaten Madiun, Ketua Baznas Kabupaten Madiun, Perwakilan Kejari Kabupaten vMadiun, Pengasuh & Pengurus Pondok Pesantren Al Ma’arif, Perwakilan OPD Pemkab Madiun, Muspika Kecamatan Jiwan, Kasat Intelkam Polres Madiun Kota, Perangkat Desa dan Lembaga Desa Sukolilo, Santri dan Jama’ah Pondok Pesantren Al Ma’arif, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Sukolilo, serta Masyarakat Desa Sukolilo sekitar 200 jamaah.

Kegiatan dimulai dengan Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah yang dipimpin oleh KH. Achmad Ma’ruf Hasbullah. Setelah pelaksanaan ibadah Tarawih, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Dwi Suryanto, SIK, MH, kepada Pengurus Pondok Pesantren Al Ma’arif berupa Al Quran dan bantuan satu kwintal beras dari Baznas Kabupaten Madiun yang diserahkan oleh Kejari Kabupaten Madiun.

Safari Ramadan tersebut merupakan rangkaian Safari Ramadhan 1445 H / 2024 M yang rutin diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Madiun setiap bulan suci Ramadhan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menjalin silaturahmi atau ukhuwah Islamiyah antara Pemerintah Kabupaten Madiun beserta jajarannya, termasuk TNI – Polri, dengan warga masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Ma’arif, KH. Achmad Ma’ruf Hasbullah, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pj. Bupati Madiun dan rombongannya. Ia juga mengucapkan terima kasih karena Pj. Bupati Madiun telah bersedia melaksanakan sholat tarawih di Masjid Pondok Pesantren Al Ma’arif. “Kami berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Madiun kepada Pondok Pesantren Al Ma’arif. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Pj. Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Jiwan yang telah menyambut bulan Ramadhan dengan antusias, khususnya dalam kegiatan Tarawih. “Ini menunjukkan bahwa semangat keislaman dan kebersamaan di Kecamatan Jiwan sangat tinggi,” katanya. Ia juga mengajak masyarakat Kecamatan Jiwan untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini dengan baik, seperti memperbanyak ibadah Tadarus Al Quran dan selalu melakukan amal sholeh lainnya.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Dwi Suryanto, SIK, MH, menghimbau masyarakat untuk menghindari aksi perang sarung dan balap liar. “Segera melapor apabila terjadi kerawanan kamtibmas untuk cepat diantisipasi sedini mungkin, sehingga kondusifitas kamtibmas di bulan Ramadhan dapat terjaga dan masyarakat dapat nyaman beraktivitas,” ucapnya. Ia juga meminta dukungan dan kepedulian semua pihak, terutama orang tua, untuk ikut mengawasi anak-anak yang pamit keluar rumah dengan membawa sepeda motor. “Mari kita bersama-sama ikut serta dalam mengkondisikan wilayahnya agar senantiasa dapat terjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif di bulan Ramadhan 1445 H/2024 M,” tuturnya.

Dandim 0803 Madiun, Letkol Inf Meina Helmi, S.Sos., mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. “Hal ini harus dilakukan secara bersama-sama agar kenyamanan dan kekhusukan dalam melaksanakan ibadah puasa tidak terganggu baik siang hari maupun malam hari,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya antisipasi terhadap perubahan iklim. “Kita harus siapkan upaya sedini mungkin, termasuk menjaga kebersihan untuk jangka waktu pendek maupun panjang. Saat ini kita tergantung dengan irigasi yang sudah dibangun,” tambahnya.

Letkol Inf Meina Helmi juga mengungkapkan rasa syukurnya bahwa di Kecamatan Jiwan belum ada laporan dari warga terkait kekeringan. “Namun kita tetap harus melakukan antisipasi untuk menangani dampak. Kalau ada perubahan, tentu saja kita ingin memberikan yang terbaik lagi,” tuturnya. (Hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *