DAERAH

Bawaslu Majalengka Gelar Evaluasi Kinerja Panwaslu Eksisting Dalam Rangka Rekut Panwascam Pilkada

×

Bawaslu Majalengka Gelar Evaluasi Kinerja Panwaslu Eksisting Dalam Rangka Rekut Panwascam Pilkada

Share this article
oppo_2

Majalengka – Sebanyak 62 peserta Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) untuk Pemilihan Pilkada Serentak 2024 Kabupaten Majalengka telah mengikuti evaluasi kinerja Yang bertempat di Aula INSTBUNAS majalengka. Sabtu (27/4/2024).

Evaluasi ini merupakan langkah penting dalam memastikan kehandalan para calon pengawas dalam menjalankan tugasnya.

Giat evaluasi dilakukan secara langsung, di mana peserta diharuskan untuk mengisi serangkaian soal yang diberikan. Soal-soal tersebut dirancang untuk menguji pemahaman dan kesiapan peserta dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu. Adapun topik yang diujikan meliputi pemahaman terhadap aturan pemilu, prosedur pengawasan, dan penanganan situasi darurat selama proses pemilihan.

Ketua Bawaslu Kabupaten majalengka Dede Rosada menjelaskan, kinerja peserta merupakan langkah penting dalam memastikan kualitas dan profesionalisme Panitia Pengawas Pemilihan Umum.

“Kami berharap para peserta dapat menjawab soal-soal dengan baik untuk menunjukkan kesiapan mereka dalam mengemban tugas tersebut,” jelasnya.

Dede Rosada juga menegaskan bahwa dalam hal terjadi kekosongan karena jika ada peserta yang tidak lulus dalam evaluasi ini, maka mekanisme selanjutnya adalah dengan melakukan seleksi Pendaftar Baru dimana peserta kategori Pendaftar Baru ini ialah mereka yang bukan termasuk peserta Existing.

“Yang nantinya akan mengisi kekosongan tersebut sebagian anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan di wilayah kecamatannya, yang mana Setiap kecamatan sendiri memiliki tiga anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum,” jelasnya.

Dengan evaluasi kinerja ini, diharapkan bahwa Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Kabupaten Majalengka akan terdiri dari individu yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dalam menjalankan tugas pengawasan Pemilu. Komitmen untuk memastikan pemilihan yang bersih, adil, dan transparan tetap menjadi prioritas utama untuk diwujudkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *