HUKRIM

bertema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak” Lapas I Madiun Gelar Upacara dan Syukuran HBP Ke-60

×

bertema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak” Lapas I Madiun Gelar Upacara dan Syukuran HBP Ke-60

Share this article

MADIUN,BUSERJATIM.COM GROUP  – Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Lapas Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar upacara dan acara syukuran dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”. Acara ini diadakan untuk menghormati dan merayakan Hari ulang tahun Pemasyarakatan ke-60, Sabtu(27/04).

Acara dimulai dengan upacara yang dipimpin oleh Ka KPLP diikuti oleh pejabat structural, pegawai dan warga binaan. Kepala Lapas Kelas I Madiun, Melalui Ka KPLP M. Mukaffi menyampaikan pentingnya hari ini sebagai sarana refleksi dan motivasi bagi semua pihak yang terlibat dalam sistem pemasyarakatan. “Tema yang diangkat tahun ini, ‘Pemasyarakatan Pasti Berdampak’, merupakan pernyataan komitmen kita untuk terus mendorong perubahan yang positif, tidak hanya bagi para warga binaan tapi juga bagi masyarakat luas,” ujar Mukaffi.

Pada upacara ini di bacakan sambutan Menteri Hukum dan Ham RI Yasonna H Laoly oleh inspektur upacara yang menyampaikan “Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI KE-60 dengan tema Pemasyarakatan Pasti Berdampak bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan UU No. 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.”

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran doa bersama dan refleksi bersama yang dipimpin oleh petugas lapas serta potong tumpeng sebagai simbol. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan semangat bersama diantara petugas lapas.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono menekankan Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan kali ini diharapkan tidak hanya menjadi perayaan rutin tahunan, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat upaya pemasyarakatan yang lebih humanis dan efektif, mendukung integrasi sosial warga binaan, dan memajukan sistem pemasyarakatan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *