KESEHATAN

Kemenkes: Akan Ada Fitur Obat dan Vitamin Gratis di Aplikasi SatuSehat

×

Kemenkes: Akan Ada Fitur Obat dan Vitamin Gratis di Aplikasi SatuSehat

Share this article

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Setiaji mengatakan pihaknya tengah merancang sebuah fitur poin untuk aplikasi SatuSehat yang memungkinkan pengguna mendapatkan obat atau multivitamin dengan gratis.

“Kami nantinya akan menyiapkan poin, misalnya nanti jalan kaki 5.000 langkah, nanti kami kasih poin yang bisa ditukar dengan obat, multivitamin, dan bahkan bisa nonton bioskop secara gratis,” ujar Chief DTO Setiaji di Jakarta, Selasa (7/11/23).

Dia berharap dengan kehadiran fitur tersebut, masyarakat dapat mengubah kebiasaan dan gaya hidup menjadi mencegah penyakit, daripada mengobati penyakit.

Chief DTO Setiaji menjelaskan, sistem poin pada aplikasi SatuSehat, rencananya tidak hanya melibatkan apotek, tetapi, juga bank, perusahaan swasta, dan pihak lainnya yang memungkinkan untuk menjadi mitra dalam pengembangan aplikasi SatuSehat ini.

“Tahun depan rencananya kami meluncurkan fiturnya yang baru,” tutur Chief DTO Setiaji.

Untuk saat ini, aplikasi SatuSehat, yang dahulu dikenal dengan PeduliLindungi, sudah memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat rekam medis dari kurang lebih 600 layanan kesehatan.

Chief DTO Setiaji juga mengungkap kemungkinan SatuSehat dapat terhubung dengan perangkat pintar, misalnya smartwatch (jam tangan pintar).

Selain itu, Chief DTO Setiaji menargetkan agar pengembangan aplikasi SatuSehat dapat menambah fitur sertifikat vaksin untuk anak-anak sehingga orang tua dapat mengamati vaksinasi apa saja yang harus didapatkan oleh anak-anak mereka.

“Termasuk juga pengingat untuk minum obat, skrining penyakit kejiwaan, dan lain sebagainya,” ujar Chief DTO Setiaji.

Penambahan fitur-fitur tersebut diharapkan bisa membuat SatuSehat menjadi aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KESEHATAN

Kementerian Kesehatan meminta seluruh jajarannya siaga mengantisipasi ancaman…